Harga Kedelai Naik

Posted: Februari 3, 2008 in Ruwet

waduh akhir2 ini gak tau kenapa yah kok ampe harga barang kebutuhan pokok naik lagi..buat mereka2 yg kaya and berduid mungkin hal ini gak bermasalah..ee masyarakat menengah dan menengah ke bawah merasakan dampak yg sangat terhadap perubahan harga ini.Banyak produsen tahu tempe gulung tikar akibat kenaikan harga kedelai yg menaik tajam,,,TANYA KEN APA???Masih buruknya cuaca menjadi alasan kenaikan harga berbagai jenis barang termasuk kacang kedelai. Komoditas ini naik sebesar Rp 6.000 perkilogram, akibat pasokan dari Pulau Jawa belum normal.

waduh akhir2 ini gak tau kenapa yah kok ampe harga barang kebutuhan pokok naik lagi..buat mereka2 yg kaya and berduid mungkin hal ini gak bermasalah..ee masyarakat menengah dan menengah ke bawah merasakan dampak yg sangat terhadap perubahan harga ini.Banyak produsen tahu tempe gulung tikar akibat kenaikan harga kedelai yg menaik tajam,,,TANYA KEN APA???Masih buruknya cuaca menjadi alasan kenaikan harga berbagai jenis barang termasuk kacang kedelai. Komoditas ini naik sebesar Rp 6.000 perkilogram, akibat pasokan dari Pulau Jawa belum normal.

Hj Nirma, pedagang di Pasar Besar Rabu (9/1) mengatakan, kenaikan harga kacang kedelai selama dua pekan terakhir ini cukup tinggi. Jika sebelumnya hanya Rp 4.000 per kilogram, kini harganya naik menjadi Rp 10.000 per kilogram.

Pedagang menilai kenaikan harga itu akibat minimnya pasokan dari pulau Jawa dan sekitarnya, sehingga harga di tingkat agen ke pedagang mengalami kenaikan cukup tinggi. Padahal permintaan kacang kedelai cukup tinggi, di antaranya untuk bahan dasar tahu dan tempe.

Marhan, pedagang lain di Pasar Kahayan menyebutkan, saat ini pasokan kacang kedelai berkurang. Sebelum ada kenaikan dia hanya mampu menjual 300 kilo gram. Beberapa hari ini permintaan justru bertambah, bahkan bisa menjual 500 kilogram dalam sehari.

“Permintaan ada kenaikan, tapi justru pasokan yang berkurang,”jelasnya. Naiknya harga kacang kedelai ternyata dirasakan oleh para perajin tahudi Palangka Raya. Pedagang terpaksa menaikan harga jual kepada konsumen.

Ibu Siti, pengusaha tahu jalan Tjilik Riwut Km5, mengakui, sejak harga kacang kedelai naik terpaksa menaikan harga jual dari Rp 400 per potong menjadi Rp 450. ck1..

Kalo udah begini repot dewhh..pemerintah mesti harus turun tangan ngadepin masalah kayak gini..kita kaum anak kost juga merasakan dampak yg sama..pengen makan murah pake tempe tahu aj susah

Pemerintah harus menstabilkan harga menyusul semakin tingginya harga kedele.
NOUFIL HANANI Pakar Ketahanan Pangan Universitas Brawijaya pada JAYA reporter Radio Citra FM Malang dalam Jaring Suara Surabaya, Senin (14/01), mengatakan kenaikan harga kedele saat ini benar di ambang batas membahayakan.

Itu karena di hampir semua daerah, banyak ditemukan usaha produksi tempe dalam skala kecil. Disamping itu, kenaikan harga kedele berdampak pada kenaikan tempe dan tahu yang juga merugikan konsumen.

Berdasarkan hasil survei saat ini, harga kedele sudah mencapai lebih dari Rp 7500/kg. Selain kedele lokal, kedele impor dari Amerika Serikat juga mengalami kenaikan, sebelumnya Rp 32 ribu/kw saat ini sudah mencapai Rp 740 ribu/kw.

NOUVIL mengatakan sebagian besar usaha tempe di Malang tergantung impor kedele dari Amerika Serikat karena kualitasnya lebih baik. Ia meminta pemerintah mencari varietas kedele baru dengan kualitas tinggi agar perajin tahu dan tempe tidak bergantung pada kedele

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s