UJi Komparasi 4 Merek Motor Matic

Posted: Februari 10, 2008 in Info dan Fakta

Uji Komparasi 4 Merk Matic
Perang, perang dan perang! Itu yang terjadi pada atmosfer dunia skubek Tanah Air. Malah dengan perang terbuka itu, nggak sedikit pabrikan yang klaim, kalau skubeknya paling irit di kelasnya.

Melihat penampakan alias fenomena seperti itu, MOTOR Plus tak tinggal diam. Coba melakukan pengetesan terhadap empat skubek. Yaitu Honda Vario, Kymco Free LX, Suzuki Spin 125 dan Yamaha Mio.

Uji Komparasi 4 Merk Matic
Perang, perang dan perang! Itu yang terjadi pada atmosfer dunia skubek Tanah Air. Malah dengan perang terbuka itu, nggak sedikit pabrikan yang klaim, kalau skubeknya paling irit di kelasnya.

Melihat penampakan alias fenomena seperti itu, MOTOR Plus tak tinggal diam. Coba melakukan pengetesan terhadap empat skubek. Yaitu Honda Vario, Kymco Free LX, Suzuki Spin 125 dan Yamaha Mio.

Supaya fokus, pengetesan tak menilik soal handling dan fitur lagi seperti sudah dibahas di Em-Plus edisi 395/VI. So, empat skubek langsung diuji oleh empat tester MOTOR Plus yang punya gaya khas dan tentu saja berbeda.

Aries, mantan pembalap liar dan doyan balap di aspal. Ia mampu buka-tutup gas dan pintar memainkan rpm. Herry Axl punya latar belakang tracker. Kalau kumat, cara bawanya cenderung akseleratif dan doyan buka-tutup gas. Isf@n, senang turing. Ia ogah main di rpm tinggi dan suka ngurut gas seperti perlakuan pada motor lawas. Sedang Eka yang juga eks pebali, cendrung memainkan semua karakter.

Misal, jika sampeyan suka memutar langsung grip gas ketika hendak melaju. Sementara, ada juga pengendara yang pilih mengurut bukaan gas. Tapi tidak menutup kemungkinan, ada juga bikers yang suka memainkan throttle alias senang buka tutup gas.

Supaya fair dan mendekati kebenaran, seluruh tester mencoba semua motor dalam rentang rolling thunder berjarak 120 km. Tiap 15 km, skubek ganti tester dengan metode stop and go. Perbedaan karakter ini jelas mempengaruhi konsumsi bahan bakar setiap skubek.
Oh ya, tentunya pengin tahu juga dong spek masing-masing tester terutama berat badannya. Aries 77 kg, Axl 64 kg, Isf@n 70 kg dan Eka 60 kg. Jika diambil rata-rata, maka total beban tanggungan tiap skubek 67,8 kg.

Makin afdal, seluruh tester dibebani peraturan. Jarak 60 km awal, semua rider tidak diperbolehkan geber skubek di atas 70 km/jam (rata-rata berkendara dalam kota).

Lahan rolling hard dibuat bervariasi. Mulai dari kantor dan dalam kota, menuju provinsi Banten ke arah Cileduk dan Serpong, Tangerang. Kilometer pertama, disuguhi hiruk pikuknya kemacetan Jakarta. Buka-tutup gas nggak beraturan.

Tak lama kemudian kami disuguhi jalan sempit dan lengang pinggiran kota tapi banyak polisi tidur. “Oi.., yuk masuk jalanan off-road, pengin tahu nih, siapa yang lebih irit,” kata Axl. Wow, naluri grasstracknya keluar!
Usai menempuh rute yang diinginkan, konsumsi bensin dihitung ulang. Prosesnya, skubek diisi kembali di SPBU. Sebagai catatan, kondisi tangki dalam keadaan penuh sejak berangkat.

Itu metode pertama, lho! Setelah 60 km terakhir, pengetesan dilakukan dengan kecepatan bebas. Di sini keempat skubek diuji serius. Karakter setiap rider lebih bebas keluar. Semuanya mencoba besut dengan kecepatan puncak di setiap motor. Prilaku ini diambil lantaran tidak sedikitnya bikers yang memacu hingga limit kecepatan.

Berdasarkan dua metode ini, Em-Plus mengungkap data konsumsi bensin. Ingin tahu berapa konsumsi bensin yang dihabiskan? Jangan ngopi dulu!

TES PERTAMA

Bensin dipukul rata! Artinya, semua skubek wajib minum bensin tanpa timbel atau Premium TT. Sesuai kesepakatan, empat tester mulai mengendari besutan dengan gaya berbeda. Kecepatan seluruh skubek, dipatok tidak boleh lebih dari 70 km/jam.

Sesi pertama, Honda Vario menunjukan keunggulan. Lantaran skubek pabrikan berlambang sayap mengepak ini, mampu menempuh jarak 48,8 km untuk 1 liter Premium. Angka segitu tergolong irit buat ukuran konsumsi skubek.

Bisa seperti itu, karena power mesin yang dihasilkan Vario sejak putaran rendah hingga menengah cukup rata. Aliran tenaga merata seiring bukaan V-Belt. Jadi, meski kerap dibejek atau buka-tutup gas, konsumsi bensin tidak terlalu pengaruh.

Suzuki Spin 125, berhasil menduduki peringkat kedua dalam konsumsi BBM. Satu liter Premium TT, sanggup menempuh jarak 42,4 km. Sayang, meski mesin Spin 125 lebih besar 15 cc dari kompetitor, tapi belum mampu menutup kekurangan skubek yang rata-rata cukup boros BBM.

Sementara itu, Kymco Free LX bertengger di urutan ke-3. Bisa jadi, ini karena ban besar di pelek diameter 12 inci, cukup berat dipuntir mesin sebagai awalan buat start. Sehingga daya gesek ban dengan aspal cukup besar.

Posisi terakhir Yamaha Mio. Cukup unik karena kalau dilihat dari kapasitas Mio paling imut. Tapi untuk kelas skubek, kapasitas kecil membuat putaran mesin di awalan (akselerasi) jadi butuh lebih tinggi.

Nah, di sinilah kelemahannya. Apalagi jalan yang dilintasi kebanyakan agak ‘pamer paha’ alias padat merayap patah harapan alias macet, bo! Jadi buka-tutup gas lebih sering terjadi.

TES KEDUA

Sesuai perjanjian, pada sesi kedua dipaksa jalan lebih kencang. Tester diperbolehkan jalan secepatnya menuju kantor. Rute jalan yang dilalui sama dengan jalan berangkat. Hanya saja, kondisi lalu lintas agak lancar ketimbang berangkat.

Bensin pun diisi ulang sampai penuh dengan Premium TT. Di sini, Free LX menunjukkan ketangguhan. Jika test pertama skubek Kymco ini bertengger di posisi ke-3, pada sesi kedua muncul jadi yang terbaik.
Konsumsi bensin paling irit. Satu liter Premium TT, mampu meluncurkan sejauh 42 km. Padahal dalam perjalanan pulang itu, empat skubek ini kerap digeber hingga top speed.

Kembali Vario membuktikan, bahwa teknologi Honda tetap mengacu pada hemat bensin. Motor yang dipromosikan Agnes Monica itu, ke-2 dalam urusan konsumsi bahan bakar saat adu geber-geberan. Tapi tentunya penggunanan Premium TT jadi lebih boros ketimbang dipakai santai di bawah 70 km/jam.

Suzuki Spin 125 berada di urutan ketiga. Tapi penggunaan bensin masih realitis untuk kategori skubek. Ingat lho, skubek memang lebih boros ketimbang bebek. Itu karena skubek menggunakan sistem penggerak CVT.

Dalam test kedua sayangnya Mio tidak bisa memperbaiki performa. Skubek yang punya slogan promosi otomatis duluan ini, agak royal minum bensin.

Hasil Pengetesan.

Honda Vario 1 liter : 39,4 km
Kymco Free LX 1 liter : 42 km
Suzuki Spin 125 1 liter : 32,5 km
Yamaha Mio 1 liter : 28,6 km

Sumber : MotorPlus

Komentar
  1. binus berkata:

    ntar ada honda Icon matic lebih irit lagi bln ini launcing nya

  2. didik.h berkata:

    memang honda paling hebat.jgn lewatkan matic terbaru dari honda cayooooo honda

  3. fajar berkata:

    honda boros pol……

  4. fajar berkata:

    hwahahhaah…honda ngirit…ngirit dari hongkong tuh………
    bayangin…….aku tuh anak touring dari surabaya…
    tester Suzuki Spin di Club SMM (suzuki Matic Metropolis) surabaya paling irit dalam tour SURABAYA _ PONOROGO -PP habis Premium Rp. 36.000,00

    Trus tmenku satu kantor yang pake Vario pulank ke kampungnya Pare(kediri) dari SURABAYA habis Rp.35.000,00 u/ PP

    skarang lo buka peta….
    Surabaya-Ponorogo ama Surabaya-Kediri jauhan mana tuh….?

    silahkan cari jawaban sendiri

    • bambang berkata:

      suzuki spin emang irit, saya kan punya honda supra 125 awal dan juga suzuki spin 125 jadi bisa bedain seberapa iritnya spin dengan supra saya

  5. ajeng berkata:

    irit mah gak penting – penting amir bos.. gw sih lebih suka yang stylish.. and the winner goes to MIO

  6. ucuy berkata:

    bagaimanapun juga honda memang ungulllllll

  7. arya berkata:

    irit bbm juga penting!! yang penting naikan_nya enak n nyaman saat berkendara. Vario bagus thu

  8. Neptunes berkata:

    raja matic??ya KYMCO lah!! Suzuki br ngeluarin 2 matic,honda 2,Yamaha 3,KYMCO dr awal muncul Mati mulu kali.g percaya??cobain

  9. maswiwid berkata:

    suzuki bentar lagi ngeluarin matic baru, SKYDRIVE. nti boleh dicoba nih.

  10. Keanu Reves berkata:

    Gw dah coba my nu Skydrive.. Ni motor dah pernah ke luar kota dan hasilnya gw agak kaget 2 liter premiun bisa buat 98 km jadi 1 liter buat 48 km padahal boncengan lagi. Trus kenceng.. Ya untuk motor matic 125 cc termasuk irit lahh….beda ma yg laen cc kecil….trus buat tanjakan enak banget… Iseng2 gw pernah nanya ke temen pake mio soul ktny luar kota 1 liter tembus 30-35km an.. kok boross yaa…padahal kan cc kecil..hmmmh. Pake Skydrive 100 km/Jam bisa dan kyknya bisa lebih.. klo treknya lurus dan panjang…. dan krn Borenya (Diameter Piston) lebih besar dr vario, beat, mio. selaen tu Torsi maks & Daya maks cepet banget dapet di rpm 6500.. Pkoknya Ga salah pilih skydrive…

  11. Keanu Reves berkata:

    eh koreksi klo 2 liter 98 km jadi 1 lt untuk 49 km…

  12. kopral berkata:

    skydrive ku baru nongkrong dirumah 1 minggu yg lalu
    riview saya :
    BBM pertamak 3 lt untuk 85 km belum service kondisi boncengan+ anak kecil
    ngorok pada tarikan awal atau tarikan paksa kalo dah langsum enak tenaga mantab dan stabil

  13. adul berkata:

    akku bingung neh!!
    yang jelas, bagusan mana antara mio,beat ma vario??
    oz menurut aku, mio lebiih mudah untuk dimodifikasi, tapi katanya boros ea?? ugh,sayang…
    beat,,eank katanya irit,tp menurutku rada sulit ea buat dimodifikasi, coz kelihatan kecil dan kalo berboncengan br2 terlihat tambah kecil+sempit gittu…
    vario,,wuaahh kegedean thu broo…bagus sech bagus,irit..cumen ea yang tadi thea…
    tp, menurut hati kecilku, aku pilih MIO………….!!!!!!!!!!
    cHayooooooooooOOOOOOOOOOOOO,,,,,,,,,,,,

  14. ayoberbagi berkata:

    setuju. aku lebih suka beat selain murah tapi juga irit

  15. WULAN berkata:

    matic???Yamaha jagonya..hehe….bntar lg Yamah a ngluarin XEoN..matic 125 cc saingan sky drive(suzuki)..buat yg ga puas sama MIo Soul..boleh lah coba XEON..memang bensin agak boros krn cc lbih besar..so…pilihan ada ditangan anda..

  16. garyto berkata:

    wahhh xeon ma vario bagusan mana tuh….???

  17. Semua tergantung pemakainya…
    yang penting matic…
    tulisan ini hanya sebagai perbandingan saja yang dilakukan dulu oleh team MOTOR plus

    Regards

  18. at berkata:

    masih ngusrusin irit-iritan…. hahaha..

    tar ketinggalan Gan….

  19. @ at

    cuma buat bahan perbandingan aja boss…
    ketinggalan apa enggak juga tergantung user/pemakainya..
    hehehe

    thanks for your comment

  20. N-DRA berkata:

    hidup SKYWAVE

  21. Jeffrey M berkata:

    pertimbangan jangan fuel consumption saja. kemudahan perbaikan juga harus diperhatikan. misalnya untuk ganti ban/tambal ban, motik dengan 2 shock lebih sulit, apalagi katanya skywave harus pake kunci khusus (gak bisa pake kunci pas biasa). ini kata tukang tambal ban langgananku loh 🙂

  22. Aris the adventure berkata:

    Q pgn sharing aj, soalx mtorq dw honda bebek 100 cc tp ud biasa tk pke tour kluar kota. Aq emg gag pnya matic tp ud nyobain mtor2 matic spt vario, beat, mio ma soul.
    Bwt jrk jauh plh tmpt du2k yg enk, tangki BBM bsar trz knsumsi BBM irit m speed ok shg memudahkn bg pemakaix jg. Mnrutq, honda ttg unggul d irit tp kualitas jg mantap, tarikan ok n mtorx brkelas. Kalo yamaha, emg skubekx boroz, tarikan masih molor tp ttp stylish n cool.
    So, kembali pd qt msg2 mw selera gimana??..

  23. hidayat berkata:

    wah jdi bingung milih mana yaaaaa……..

  24. rsaerodin berkata:

    ah.. tergantung care nya

  25. Red viper berkata:

    Mending minta pendapat dari orang yang netral bro, kalo saling membandingkan, motor yang elo pakelah lo unggulin…kagak mungkin elo unggulin motor orang (gak mau kalah)…

  26. @red viper

    Benar sekali mas…
    tapi TS hanya disini sebagai moderator atas sumber tang terpercaya dan tes yang benar benar dilakukan,,,

    thanks

  27. kodek berkata:

    kemana peminat spin 125!!!!

  28. gemi berkata:

    Eits!!!
    Jangan salah ye..
    Cobain dulu SKYWAVE baru halal ngomong..
    Skywave /liter = 1:40.. 1 liter bs menempuh jarak 40km. boros2nya Skywave 1 liter utk 35km.. Toh utk motor matik, konsumsi bbm spt itu sdh sgt realistis, wajar!!!
    Kelebihan lain, Handling Skywave yang paling ok diantara mtr matik lainnya! Cobain deh!! Hal ini di dukung Dual Shock, Ban dan Velg 16′.. Bagasi muat Helm Full Face jg lho!!

  29. agus hariyadi berkata:

    eit jgn salah bro gwe make mio tak pake dri jogja ke salatiga pp cm 20rb aja msh sisa tu irit ndak?

  30. Suzuki Lovers berkata:

    yang penting mesin, jangan liat chassing, dasar orang indo, makan tu chassing….

  31. bernard berkata:

    spin ane lari 70/80km 1 liter dpt 38,2km…………mantappppp…:) padahal ane cm isi 3.5liter dr 3.7liter full tank….msh ada 0.2 liter yg blm dihitung…

  32. bernard berkata:

    betul gan….mesin suzuki mn ada tandingan nye…….ane pke FU 5th gk pernah masalah tuh mesinnya…:)skrg ane ganti spin …wenak tenan tarikannya..mo pendek mo pjg tarikan ttp OK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! cm meteran minyak kurang akurat…klo isi full BBM baru pke 15km aja udh jd setengah tuh jarum meteran minyaknya..klo dimiringin motornya msh full :D………..

  33. kelik berkata:

    Bagiku dari semuanya Mio ditumpangi kelihatan lebih modis apalagi diboncengi cewe nampak manis dan cute cocok untuk anak ABG, kalau Vario rasanya agak kegedean buat cewe kurang modis tapi buat kulakan banyak muatnya dan irit. Yang lain belum kucoba

  34. ris berkata:

    Wanita ga mau ketinggalan….. Cowok kok doyan matic?

  35. andri berkata:

    manusia boleh bodoh tapi kalo uang ga bisa di bodohin.jadi kalo mahal jelas bawa kelebihan,kalo ga ada kelebihan ya gak mungkin di jual mahal

  36. andi berkata:

    ternyata pake vario boros juga, senen-gatot subroto habis 50rb, ditengah jalan makan bakso dulu 2mangkok wk.wk..

  37. miftah berkata:

    enaknya pake vespa..walau 2 tak tpi irit..matik duluan ya vespa CORSA th 91

  38. ulum berkata:

    Spin donk Gan……CC gede,minyak mayan irit,lok Buad ngebuuud Wenak. SPIn 125 Top marekotop…..>.<

  39. satriyoe berkata:

    spin sma mio sama” enak ~

  40. willy berkata:

    hoda vario, suzuki spin, yamaha mio soul .,.,.,gw udah coba semuanya malahan punya tiga tiganya,.,,.yang paling penting dalam motor???? mesin harus bandel masalah bensin no 2,.,.jadi saya garis bawahi gan.,,untuk ketiga matic yg saya punya yg paling jarang mogok yamaha .,.,,

    • The Real Power..!!!!!! berkata:

      Ha ha ha ha….bohong banget sih bro Willy….Yamaha itu Mio sering meladak ledak….dah gitu kalo mogok itu mendadak…padahal semuanya dalam keadaan Normal…gw liat sendiri bro…di tambah lagi sama motor Mio Adek gw udah mogok dua kali…baru di pake jarak 200 meter…eh mati mendadak…..gila bener…ha ha ha ha…kemakan Iklan lo….bullshit…..
      Terus untuk BeaT….lumayan sih daripada Miau, tapi ya gitu..pas di Engkol itu MELEDAK nya lebih keras seperti Miau…paraaaah (BeaT temen kantor)….masih mending montor SD gw, di engkol aman aman aja….he he he he……
      Masih mending Skydrive gw cuy “so far so good”…..minim getaran…beda jauh ama miau….xixixixixi….gw udah nyicip Miau….getarannya Ok banget…..Untuk kenyamanan ya…Skydrive gw pegang….

  41. scanttviciouss berkata:

    halah-halah kok pada ribut sendiri sih…
    apapun yang paling ajibb itu tetep Suzuki…
    lainnya itu cuman burshid….

  42. Baharbahar1975 berkata:

    Bener tuh si Willy, gw jg pny 3 : Vario utk gw pake ndiri, Mio utk bini gw, Skywave utk klu ber2 ngelayap..Irit?? Tergantung jalanan dan suasana hati waktu narik gasnya gan.. gax usah ribut lah ga ada untungnya toh gax ada yg 100% buatan nenek moyang qta…semua masih pake merek Jepun..Mending ikutin qta, beli aza 3 – 3nya, klu mampu. Klu gag ya udah sayangi aja motor lo sendiri..Jgn lupa pake BBM dan Pelumas produksi dalam negeri…lagi ngetrend diluar sana..

  43. steven jaz berkata:

    gw punya motor tua an jadul gw kasih minum apa aja jalan tuh, minyak tanah, minyak kelapa tetep jalan

  44. steven jaz berkata:

    gw pake mio, gw bawa dari jakarta ke bali , ag isi bensin fuul sampai dibali tetap penuh tuh. berti mio paling irit niiiiiiiiii, makaya gw beli mio tiga.

    jangan bilang sapa-sapa ,bawaya gw taekin ke truk, iiii iiiiiiiii. warniiiig: semua motor mah ga ada yg iritsoalnya dipake, jangan beli motor kalo takut boros naek aja kuda /kebo.

  45. steven jaz berkata:

    semua motor mah ditaekinnya biasa biasa aja tuh rasanya, tapi kalo naikin bini baru mantabbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb, setuju ga

  46. david berkata:

    matic vario idolaku,,,iriiit..iriiit dan iriit matic yamaha ke laut aje borooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooosssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

  47. gery berkata:

    Wah! jadi kepengen nimbrung nich, gw bkn penggemar matic krn gw ga suka naek matic,tapi gw tau skutik yg baek ama yg biasa2x aja, krn tmn2x gw pd pke mtr matic, 5 diantara 8 tmn gw yg pke mtr matic. Bilang Suzuki Spin N adik2xnya tuh paling nyaman, irit, bandel, bertenaga. Sparepart emang mahal tapi kualitas dijamin krn ‘ga ada yg bandrekan kaya matic laen. Smua asli jepang.Spareparts Suzuki bisa tahan lama dgn hrg mhl tp matic lain sparepart murah jangka pendek, pilih yg mana? selisihnya ga’ seberapa. lagian yg berani uji 100 jam nonstop jg cuma suzuki yg lain mana? kalau pertimbangannya pd purna jual yg emang murah, krn ya itu tadi Suzuki lg kalah brand trs suku cadang mahal jadi konsumen keder. motor gw Yupiter jd pingin ganti Shogun Axelo/Smash Titan/ apa aja deh, tp klo ada duit. cm pingin aja kan boleh, ya ga’?

  48. Ridersz berkata:

    gw sih udah pake honda, yamaha n suzuki, soal irit honda, gaya suzuki, awet yamaha …soalnya tuh motor jarang mogok ktimbang honda n suzuki!! he….he…. pengalaman gw selama 15 tahun pake motor tuh merek….!!

  49. US berkata:

    oya, friend. bgmanapun wkt qt beli motor ada untung-untungannya jg, pas lagi bener dpt yg baek pas lagi apes dapet yg jelek. Aku g suka skubek, tapi bener aku g bohong suzuki berani tes 100 jam mesin jalan tanpa henti, motor lain g berani, setidaknya itu menunjukkan kekuatan mesin yg sebenarnya. ya kan ? tapi sayang sejak dulu aku pemakai merek yamaha. yah.. namanya fanatik biar kalah mesin jg tetep disuka. hehehe.. (maklum brandnya YMH lg di atas). Klo mo pke g mikir purna jual ya emang suzuki OKE, klo mo pke + nyari purna jual baek ya cari merek yg lg trend yamaha ato honda. itu aja… thanx.

  50. Rendi berkata:

    hoNda scoopy gmana?

  51. Ingram berkata:

    katanya honda paling irit……. korban iklan nih sy. waktu pertama kali muncul slogan beat 1 liter = 45 km… langsung tanpa mikir wa boyong ke rumah tiga bln kemudian wa pake dari bandung (cibiru) ke garut (cibatu) mogok kirain ad yg rusak pas d periksa bengkel bensinnya kosong apa gk salah tuh di jln lancar walaupun naik trn jrknya dr km hanya 40 km an PP hbs 4 liter wah langsung wa komplen dan d jual ke mertua. akhirnya ganti mio soul walaupun gk jauh beda tp dr sisi kenyamanan top lah

  52. denny berkata:

    ya…tu trgntung pemakai,y….prbdaan’y jg g trlalu jauh…..

  53. Heree berkata:

    Ane Jadi bingung gan. . .
    Beli mio soul wae lah kalo ada duit nyamah. . .

  54. eka berkata:

    vespa sprint q sma rekan2 vespa turing gresik malang pp cma abs 25 ribu itu pulang pergi cma isi 25 rbu msh sisa seliteran hahahahahahahahahaha honda one heart yamaha semakin d depan suzuki inovasi tiada henti tetep lebih baek naek vespa

  55. tumo berkata:

    terus terang dr awal gw gk suka ama matic gan….

    dr th 00 gw pake shogun kebo merah marun metalik…

    ni motor beneer2 pacar yg gk pernah mengeluh…

    dari taun ke taun nemeni gw mulai dr solo, padang, jogja

    n pastinya…tiap di jalan raya…gw geber habis ni motor…

    ama adik2nya= jupie z, smash, blitz, apalagi supra…msh belum ada yg nandingi…*bs dcoba

    itu mesin standart njeglek lhoo…cm gw pk knalpot bedahan…top speed tembus 125km/jam

    sesama bebek kalahnya ama jupie mx…*top speed …(tu aj karna cc nya jauh lbh gede…)

    gw ngerasa bener2 bersalah ama ni motor ketika lebaran mudik…gw lupa cek olie mesin…n mogok d klaten…..jogja>solo

    tu real story gw….smoga jd gambaran….bwt temen2 disini…

    gk krasa mo th ’12…karna kebutuhan n tuntutan profesi…

    gw mau nyari matic yg oke digeber bwt jarak jauh gan….bensin kalo bs yg irit…

    gw tertarik ama XEON , VARIO atau VARIO TECNO….minta sarannya ya temen2…maturnuwun 🙂

    • anak berkata:

      klo ane sih enakan piaggio zip.. nyaman aja.. yang lebih pengalaman dari jaman corsa dulu ya piaggio pabrikan italia ini.. emang sih partnya mahal.. tapi mayan irit lah dibanding skutik jepang.. 🙂

  56. ddd berkata:

    semua kembali ke pribadi masing2 bos…

    kalau mau irit banget…dorong aja motornya jangan dinaikin …hehehe pasti irit tapi keringaataaann dan ngos-ngosaan….

  57. moel berkata:

    ada nggak ya, motor matic REM belakangnya pakai kaki kanan, seperti motor bebek atau vespa lah, soalnya sudah sering gue lihat motor matic walaupun jalan pelan suka mental jatuh, krn reflek rem pakai rem depan, pingin banget beli matic cuma, yg ganjel dalam hati cuma satu itu, rem nya nggak ada di kaki. pegal 2 tangan diatas terus.

  58. prazh berkata:

    halah pada ribut soal matic , kalo pada kecewa ma motyor maticnya yaudah di jual aja bung , pada ribet amat sih

  59. dewo berkata:

    kalo beat gimana ada yg pernah cb blm?

  60. ADE berkata:

    ALL @ ADA YG TW G,, IRIT MKE MTOR MATIC APA MTOR BBEK ?????

    “””YG TW KOMEN EA””””””

  61. Matic Techno!!! berkata:

    Mio (soul/sporty/fino), Nouvo buoros pooolllllllll 1:30 km. Udah dioprek karbunya. padahal pakai karbu lebih kecil dari suzuki 125 (spin/skywave/sky drive/ hayate). Honda & suzuki lebih masuk akal (1:40-50 km). Apalagi kalau injeksi tambah sippppp…… (saat ini punya vario 125 & nouvo, yg mio udah laku, he…3x)

  62. fajar berkata:

    wah, yang mewakili Kymco belonan ada padaan, jangan pade bachot kalo belum pernah nunggangin Kymco Trend SR 125, sedannya motor matic, bagasi Lewat XEON mah, udeh 5 taon masih ajeee tenaga badak. Ada yg mau tukeran pinjem untuk nyoba ? hubungi Ane 08159655019 (fajar) bakalan ane radtjoenin ame virus kymco. Kunjungi juga yg penasaran di Kymco.or.id

    Piss ahhh

  63. cakra berkata:

    bener nih bero fajar. Rajanya matic cuma kymco doang. ga ada yang bisa nandingin kenyamana matic kymco. Btw gue ada free lx punya nyokap vario,beat,mio. beuh ga ada yg bisa nyusul. gue juga lagi kesengsem bero sama trend sr tapi ane belom ada duit bero

  64. abda berkata:

    saya pakai spin 125…bkn demen atau ngevans..tetapi krn ya ada yg jual dg harga agak murah krn mau pindah tugas ..dan kubeli buat ganti motorku yg sdh lebih dari 5 tahun supra fit…soal BBM ya tentu matic agak boros dikit..tetapi yg perlu diperhatikan bahwa cara pemakaian sangat2 berpengaruh juga…motor bagi kami adalah sarana transportasi belaka tdk lbh dari itu..agar BBM ngirit klo mau pergi2 juga hrs kalkulasi arah dan tujuan..shg klo bisa alangkah baiknya satu kali jalan ada dua atau tiga sasaran bisa tercapai…

  65. brema berkata:

    gmna cara nya vario tuh bsa stending .

    apa saja yang perlu diganti gan ?

  66. joko pentil berkata:

    misi mas nih aku punya mtr honda vario tecno th2009 udah ngobos tuh alias berasap padahal baru 50rb km and aku juga rutin ganti oli standart pabrik beda banget tuh sama punyak adiku pakek mio soul sama sama th2009akhir padahal jarak tempuh buat kerja jauan adiku 52km pp sama sama rutin ganti oli aku cek di spido mio soul udah tempuh jarak 82443km kok masih oke banget ya masih halus lagi mesin tuh aku juga udah ganti roller varioku 3x adiku baru sekali plus vant belt berarti kwalitas bagusan yamaha ya trus top speed kalah lagi varioku cuma 90km/jam pol mio bisa tembus 115km /jam soal bbm sama tuh beda dikit vario 1lt 39km mio 37km

  67. yegarsahaduta berkata:

    Tetap bagusan kymco

    • 1412kid berkata:

      Btull….ttep bagus kymco setuju!!!…cuman kymco yg rusak tuh karena orang yg make motor itu nggak niat ngerawat!!gw pake kymco free lx udah hampir 4 tahun,paling masalahnya nyetaternya sulit soalnya jarang dipanasi..tpi klo sering dipake,y gk mungkin terjadi kyk gtu..

  68. MUH.ALIM BAHRI berkata:

    Vario tetap yang terdepan, irit, tenang, lebih aman dan body memang OK… MANTAP….

    • dannyac71 berkata:

      Gw sih lbih suka suzuki skywave,mesinnya bandel body cover nya kuat gk kaya yg lain pada lembek,dual sock,sasisnya kuat,kl vario dan mio bodynya mudah mirin dan kl kendarai gk stabil,kcuali msh baru,untuk vario beban berat sock blakang bletak bletuk,pokonya suzuki skywave hebat deh

      • 1412kid berkata:

        Perasaan gw skywave tarikannya lelet…soalnya gw pernah liat orang pake skywave baru ditarik udah meraung-raung gk karu-karuan..-_-“

  69. Nanda Utawa berkata:

    vespa LXS gimana bro ? udah ad yg pernah bandingin gk sama mrek honda at yamaha ?

  70. John berkata:

    is good artikel Thank you so much , Adwin

  71. Afi Cah Rasta berkata:

    Matik Suzuki lha yang paling siip… Terutama pada Suzuki SkyDrive, Suzuki Spin, Suzuki SkyWave

  72. vin berkata:

    honda matik? Susah belok, bodi tipis kaya kertas, ga bs 100km/jam, karbu boros 25km/l

Tinggalkan Balasan ke moel Batalkan balasan